Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

21 Januari 2009

KPU Keluarkan Peraturan tentang Pemantau

Jakarta, kpu.go.id. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerbitkan Peraturan KPU Nomor 45 Tahun 2008 Tentang Pemantau dan Tata Cara Pemantauan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Peraturan yang dikeluarkan pada tanggal 30 Desember 2008 tersebut memuat syarat-syarat menjadi pemantau Pemilu, di antaranya adalah bersifat independen; mempunyai sumber dana yang jelas; dan terdaftar dan memperoleh akreditasi dari KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota sesuai dengan cakupan wilayah pemantauannya.

Sedangkan untuk pemantau luar negeri harus mempunyai kompetensi dan pengalaman dalam bidang pemantauan Pemilu di negara lain yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari organisasi pemantau yang bersangkutan, atau dari pemerintah negara lain tempat yang bersangkutan pernah melakukan pemantauan; dan memperoleh visa untuk menjadi Pemantau Pemilu dari Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri.

Selain itu dalam pasal 4 dijelaskan bahwa Pemantau Pemilu dapat melaksanakan pemantauan setelah memperoleh akreditasi dari KPU. (www.kpu.go.id at Selasa, 20 Januari 2009)

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia