Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

13 Januari 2009

Mendagri Persilakan Gubernur Ikut Kampanye

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto mengatakan, setiap gubernur memiliki hak aspirasi politik untuk disampaikan. Karena itu, Mendagri mempersilakan gubernur yang ingin berkampanye pada Pemilu 2009 dengan catatan harus mengikuti peraturan yang berlaku.

"Adapun aturan dan batasan serta izin yang akan diberikan kepada gubernur masih dalam pembahasan pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU)," kata Mardiyanto kepada wartawan saat mengunjungi Kampus IPDN di Jatinangor Kabupaten Sumedang, Selasa (6/1) sore.

Mardiyanto menerangkan, gubernur atau semua pejabat pemerintahan tidak dapat dipungkiri banyak yang menjadi orang partai politik. Hanya dalam penyampaian kampanye politik nanti harus mematuhi rambu-rambu aturan yang ada.

"Seperti pemakaian fasilitas negara sangat dilarang. Selain itu, apakah nantinya setiap gubernur memerlukan izin dari mendagri atau tidak, itu juga masih akan dibahas oleh KPU," ucapnya.

Namun mendagri menegaskan, selama mengikuti kampanye diharapkan gubernur tidak melupakan tugasnya sebagai pelayan masyarakat. Jangan sampai selama kampanye, tugas pemerintahan menjadi terbengkalai.

Ditanya tentang kemungkinan kampanye gubernur dilakukan lebih awal, Mardiyanto menyebutkan, kewenangan pengawasan ada di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atau di daerah melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

"Jika ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan gubernur dalam berkampanye, silakan diproses sesuai aturan yang berlaku. KPU memiliki wewenang untuk memutuskan hal itu," paparnya.

Selain itu Mardiyanto meminta kepada seluruh gubernur atau kepala daerah yang berkampanye memosisikan diri sebagai orang parpol atau kader partai.

"Dan jangan membawa nama jabatan gubernur. Dalam ketentuan para pejabat negara, memang harus mendapat izin untuk berkampanye. Namun khusus bagi mereka yang sebagai kader partai," paparnya. [www.jurnalnasional.com]

Sumber: http://www.depdagri.go.id/

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia