Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

20 Januari 2012

Tahapan Pilkada Dimulai April

KOTAAGUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memproyeksikan akan mulai melaksanakan tahapan pilkada pada akhir Maret atau awal April 2012 mendatang. Hal ini disampaikan Ketua KPU Herfan Zaili, S.E., ketika dikonfirmasi Minggu (15/1).

Menurut Herfan, dalam waktu dekat KPU segera menggelar rapat pleno guna menetapkan dimulainya tahapan pilkada tersebut. Pada tahap awal pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Tanggamus, KPU akan menerima penyerahan data kependudukan yakni, Daftar Penduduk Potensil Pemilih Pilkada (DP4) dari Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).


Selanjutnya, KPU juga akan menetapkan beragam perangkat pendukung penyelenggaraan Pilkada, rekapitulasi program kegiatan akan dilaksanakan pada pilkada. "Setelah itu baru dilakukan tahapan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS)," terang Herfan.
Untuk itu, lanjutnya, dalam waktu dekat, berbagai hal terkait pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati tersebut, kembali akan dibahas secara seksama dengan KPU Provinsi Lampung, bersama dengan KPU kabupaten yang akan melaksanakan pilkada pada 2012 mendatang.

Sementara itu, sebagaimana diketahui, Pemkab Tanggamus melalui Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), melakukan koreksi terhadap data kependudukan. Ini dilakukan, terkait persiapan menyambut pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Tanggamus, pada akhir 2012 mendatang.

Kepala Disdukcapil Tanggamus, R. Bambang Prahoro, S.E., mengatakan, meski pelaksanaan pilkada masih cukup lama, namun sejak dini disdukcapil harus mulai mempersiapkan data kependudukan yang benar-benar valid. Yakni, dengan melakukan kegiatan koreksi terhadap data kependudukan yang nantinya akan dimasukkan kedalam Daftar Penduduk Potensil Pemilih Pilkada (DP4).

Dimana menurut, R. Bambang Prahoro, DP4 tersebut, akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus. “Penyerahan data DP4 dilakukan beberapa bulan, sebelum pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati digelar,” ujarnya.
Beranjak dari kondisi itu, maka untuk tahap awal, disdukcapil mulai mengoreksi data kependudukan. Seperti melakukan koreksi terhadap kemungkinan adanya data ganda.
Karena itu dalam kegiatan koreksi, kata Bambang, pihaknya mensinkronkan nama dan alamat penduduk. Disesuaikan dengan fakta data kependudukan dari masing-masing kecamatan dan pekon.

"Dari kegiatan koreksi itu, diharapkan akan mendapat data DP4 yang benar-benar lengkap. Karena data nantinya dijadikan dasar oleh KPU dalam penetapan DPS dan DPT," terang Bambang Prahoro. (Sumber: www.radartanggamus.co.id)

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia