Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

14 Mei 2012

Raker Pemutakhiran Data Pemilih dan Verifikasi Calon Perseorangan

Hari Jumat dan Sabtu (11-12 Mei 2012) kemarin, KPU Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan Rapat Kerja Pemutakhiran Data Pemilih dan Tata Cara Verifikasi Calon Perseorangan. Acara yang berlangsung di Aula Hotel Hosana Gisting tersebut dihadiri oleh seluruh Anggota PPK dan Sekretaris PPK se-Kabupaten Tanggamus.


Kedua Raker tersebut dilangsungkan secara maraton guna menghadapi pelaksanaan pemutakhiran data pemilih dan dalam upaya mengantisipasi adanya calon perseorangan dalam Pilbup Tanggamus kali ini. Pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih seperti tertuang dalam Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilbup Tanggamus Tahun 2012l dimulai pada tanggal 15 Mei 2012 bersamaan waktunya dengan dimulainya tahapan pencalonan untuk calon perseorangan.

Dalam Rapat Kerja Pemutakhiran Data Pemilih, peserta disamping diberi pemahaman tentang peraturan perundang-undangan terkait dengan tata cara memutakhirkan data pemilih, juga hal-hal teknis pelaksanaan di lapangan nantinya. Acara yang berlangsung hingga pukul 20.15 WIB. itu diikuti secara antusias oleh peserta, terlebih di antara anggota PPK tahun ini terdapat beberapa anggota yang pernah terlibat sebagai penyelenggara dalam pemutakhiran data pemilih dan merasakan kerumitan serta kesulitan dalam pelaksanaannya di lapangan.

Dalam kesempatan ini, diserahkan juga formulir-formulir yang akan digunakan dalam pelaksanaan pemutakhiran, pemilih dan Data Pemilih (Formulir Model A-KWK.KPU), dan stiker PPDP yang akan ditempel di rumah-rumah penduduk setelah pemilih di rumah tersebut selesai didata. Data Pemilih Pemilu Bupati Tanggamus Tahun 2012, dapat diunduh di sini atau dapat dilihat dan diunduh sini, sedangkan Rekapitulasi Data Pemilih serta Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing Pekon/Kelurahan dapat dilihat dan diunduh di sini.


Pada Rapat Kerja Tata Cara Verifikasi Calon Perseorangan, peserta disamping diberi pemahaman tentang peraturan perundang-undangan terkait dengan tata cara verifikasi calon perseorangan, juga tata cara secara  teknis pelaksanaan di lapangan nantinya. Untuk Pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Kabupaten Tanggamus,  tahun ini adalah kali kedua setelah sebelumnya (tahun 2007) tanpa diikuti oleh calon perseorangan. Acara ini adalah langkah antisipatif mengingat terbukanya kemungkinan adanya calon perseoarangan untuk Pilbup kali ini.

Seusai acara yang berakhir pada hari Sabtu (12-5-2012) siang kemarin, PPK se-Kabupaten Tanggamus juga dibekali dengan materi dan bahan-bahan sosialisasi seperti spanduk, banner, leaflet, dan stiker.

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia