Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

08 Mei 2012

Sosialisasi Pencalonan Pemilu Bupati Tanggamus Tahun 2012


Sabtu, 5 Mei 2012, bertempat di Villa Internasional Perdana (VIP) Gisting, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan sosialisasi kepada partai politik (parpol) dan tokoh masyarakat  tentang tata cara pencalonan Pemilu Bupati Tanggamus 2012.


Acara yang dilangsungkan sebagai persiapan memasuki tahap pencalonan yang akan dimulai pada 15 Mei 2012 mendatang, dimaksudkan untuk memberi pemahaman menyangkut tatacara pencalonan serta syarat-syarat yang harus dipenuhi calon dari partai politik dan calon perseorangan.


Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati di antaranya pada surat pencalonan wajib dilampiri surat rekomendasi asli dari DPP pengusung pasangan calon, dan menyerahkan tanda bukti penyerahan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Kemudian, surat bersih diri dari pengadilan negeri, melampirkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari IDI Provinsi Lampung, dan sebagainya.


Ketua KPU Tanggamus Herfan Zaili yang menjadi pembicara pertama mengatakan pencalonan bupati dan wakil bupati Tanggamus tahun 2012 mengacu kepada peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2010 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pencalonan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Sebab, peserta pilkada bisa diusulkan partai politik atau gabungan partai politik atau pasangan calon perorangan.


Untuk partai politik atau gabungan partai politik dapat mendaftarkan pasangan calon dengan ketentuan memeroleh delapan kursi di DPRD Tanggamus atau 15% dari akumulasi suara sah dalam Pemilu Legislatif DPRD Tanggamus.


Sedangkan pasangan calon perorangan harus memenuhi syarat apabila memenuhi syarat dukungan 4% dari jumlah penduduk Kabupaten Tanggamus. “Jumlah dukungan tersebut harus tersebar di lebih dari 50% jumlah kecamatan di Kabupaten Tanggamus,” kata Herfan Zaili.


Sementara itu, Otto Yuri Saputra, anggota Panwaslu Kabupaten Taggamus, dalam paparanya menerangkan tugas dan wewenang Panwaslu Kabupaten Tanggamus. "Tugas kami sebagai panwaslu sangat berat. Untuk itu, agar hajat pilkada ini berjalan dengan lancar, saya mengharapkan rekan-rekan pengurus partai politik, tim sukses, dan calon untuk tetap menjaga situasi tetap terkendali," ujar dia.


Sedangkan Kasat Intel Polres Tanggamus AKP Dencik memaparkan berbagai kemungkinan buruk terjadi pada Pilkada Tanggamus yang akan digelar 27 September 2012. "Kami sudah membuat peta wilayah rawan konflik Pilkada Tanggamus, seperti Kecamatan Pugung, Talang Padang, Gunung Alip, dan Kota Agung," kata Dencik.


Dalam kesempatan ini, Ketua KPU Kabupaten Tanggamus juga berpesan kepada partai politik dan calon perseorangan untuk dapat ikut menyosialisasikan tahapan Pemilu Bupati tanggamus Tahun 2012, terutama menyangkut hari dan tanggal pemungutan suara yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 September 2012.

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia