Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

19 Juni 2012

Sosialisasi Pilkada di Lapas Kotaagung


KOTAAGUNG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tanggamus terus gencar melakukan sosialisasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang dijadwalkan bakal dihelat pada September mendatang. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi di hadapan narapidana (napi) yang sedang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, Sabtu (16/6).

Komisioner KPUD Tanggamus, Hendri Muzanni saat melakukan sosialisasi di hadapan para penghuni Lapas Kotaagung mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk sarana informasi bagi warga hunian lapas yang juga memiliki hak untuk memberikan suara dalam Pemilukada Tanggamus.

“Warga hunian di lapas ini masih ada yang memiliki hak suara untuk memilih calon bupati dan wakil bupati Tanggamus. Sehingga sosialisasi ini kami gelar sebagai bentuk informasi tentang bagaimana cara memberikan hak suara pada pemilukada Tanggamus nanti,” katanya.

Materi yang disampaikan antara lain mengenai informasi tentang bagaimana tata cara pada saat pemberian hak suara dari masing-masing penghuni lapas yang memang telah terdata memiliki hak untuk memberikan suara. ”Kami hanya memberitahu bahwa pada saat pemberian hak suara dibalik bilik suara, harus dicoblos bukan dicontreng seperti sebelumnya. Dan menyarankan agar mereka memberikan suara kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati yang memang sesuai dengan hati nurani mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, berdasarkan data yang ada, jumlah mata pilih yang di Lapas Kotaagung ini sebanyak 152 orang dari jumlah keseluruhan penghuni lapas yang mencapai 300 orang lebih. Dengan perincian, 147 mata pilih laki-laki dan 5 mata pilih perempuan. “Jumlah mata pilih ini memang berdasarkan data yang telah kami miliki,” terangnya.

Menurutnya, angka mata pilih di lapas ini bisa saja mengalami perubahan pada pelaksanaan pencoblosan nantinya. Hal ini karena adanya kemungkinan penambahan dan bisa juga pengurangan. Ini mengingat karena nantinya ada tahanan yang sudah selesai menjalani hukuman (bebas, red) dan ada juga yang baru masuk. “Nantinya bagi penghuni lapas yang sebelum masuk jadwal pemilihan sudah bebas, tetap bisa memilih di tempat tinggalnya. Teknisnya tinggal lapor ke petugas atau kepada kepala pekonnya saja,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Bimbingan Narapidana Lapas Kotaagung, Nasir, mendampingi Kepala Lapas Kotaagung, M. Latif, menyatakan bahwa pihak yang diperkenankan melaksanakan sosialisi tentang pemilu hanya KPUD dan panwaslu. Sedang bagi calon-calon yang akan maju pada Pemilukada Tanggamus tidak diperbolehkan untuk melakukan sosialisasi kepada penghuni lapas. “Yang boleh melaksanakan sosialisasi disini hanya petugas pelaksana pemilu saja. Untuk calon dilarang keras melakukan sosialisasi di sini. Hal ini sesuai dengan peraturan yang ada di Lapas Kotaagung,” tegasnya. (Sumber: radartanggamus.co.id)

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia