Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

27 Juli 2012

Perangkat Pekon Dilarang Berpolitik

Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Tanggamus meminta kepada para pegawai negeri sipil (PNS) untuk netral termasuk kepada aparatur pemerintahan pekon untuk tidak ikut terlibat dalam kampanye maupun masuk dalam struktur partai politik (parpol), terlebih jelang Pilkada Tanggamus September ini.

Sekretaris Panwaskab Tanggamus Hendri mengatakan, himbauan PNS untuk netral ini dan perangkat pekon untuk tidak berperan dalam parpol tertuang pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Dan PP Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa Pasal 16 huruf A dan B tentang larangan parangkat kelurahan dan pekon untuk ikut andil sebagai pengurus parpol dan terlibat dalam kampanye.

Hendri mengatakan, himbauan dan larangan ini dikeluarkan menyusul banyaknya penemuan seperti di beberapa mobil dinas satuan perangkat kerja daerah Tanggamus yang kedapatan menempel stiker pasangan calon, khususnya milik incumbent (Bambang Kurniawan).

“Ini fakta. Sering kami temui ada beberapa mobil dinas kepala dinas, staf kantor dan para camat yang di kaca mobil bagian belakangnya ada stiker calon. Ini kan dilarang," tegasnya ditemui di ruang kerjanya, kemarin (24/7).

Selain itu, bebernya, banyak ditemukan sejumlah perangkat pemerintahan Pekon dan Badan Himpunan Pekon (BHP) yang ikut terlibat sebagai pengurus partai politik di beberapa anak cabang dan ranting sejumlah parpol.

"Perangkat pekon memang bukan PNS, jadi bisa memberi dukungan. Tapi petugas pemerintahan pekon dilarang ikut andil dalam struktur parpol. Ini fakta dan banyak ditemukan kepala pekon dan BHP masuk dalam struktur parpol, ini tidak dibenarkan dan melanggar," sebutnya.

Terkait temuan ini, aku Hendri, pihaknya telah menyurati Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan agar ditindak lanjuti dengan segara. “Alhamdulillah surat yang kami layangkan langsung ditanggapi positif oleh bupati dan langsung ditembuskan kepada dinas dan instansi serta kepala pekon se-Tanggamus," ujar Hendri.

Mengenai tahapan Pilkada Tanggamus, terangnya, panwaskab terus mengikuti semua tahapan-tahapan yang ada. Dan belum lama ini, aku Hendri, panwaskab telah mengikuti rapat koordinasi bersawa dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Dari rakor itu, kami tidak menyangka, ternyata Panwaslu Tanggamus dinilai oleh Bawaslu paling aktif melakukan pengawasan tahapan pemilu. Dan kami dinyatakan mendapatkan predikat terbaik panwas se-Indonesia," ujar mantan sekretaris KPUD Tanggamus ini. (Sumber: rakyatlampung.co.id)

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia