Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

27 Agustus 2013

KPU Tanggamus Tetapkan 467 Caleg dalam DCT

Persetujuan LO Parpol terhadap DCT
Sesuai program, tahapan dan jadual pemilu 2014, KPU Kabupaten Tanggamus akhirnya menetapkan nama-nama calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Tanggamus yang akan berlaga dalam Pemilu legislatif 9 April 2014 mendatang. Para Caleg yang akan bertarung dalam Pemilu 2014 tersebut sebagaimana yang terdapat dalam daftar calon tetap (DCT) yang ditetapkan KPU Kabupaten Tanggamus melalui rapat pleno yang digelar pada 22 Agustus 2013 di Aula Sekretarian KPU Kabupaten Tanggamus.

Sebelum melaksanakan rapat pleno penetapan DCT, KPU Kabupaten Tanggamus terlebih dahulu mengundang petugas penghubung dari masing-masing Parpol untuk dimintai persetujuan atas rancangan DCT dengan membubuhkan paraf. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam rapat pleno terbuka yang di pimpin ketua KPU Kabupaten Tanggamus Yusro Hendra Perbasya, selain dihadiri seluruh anggota KPU Kabupaten Tanggamus juga dihadiri oleh Panwaslu Kabupaten Tanggamus. Hasil rapat pleno dituangkan dalam Berita Acara Nomor: 265/BA/VIII/2013 tanggal 22 Agustus 2013 tentang Penetapan Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tanggamus Pemilihan Umum Tahun 2014 dan selanjutnya diturunkan dalam Keputusan KPU Kabupaten Tanggamus Nomor: 234/Kpts/KPU-Kab-008.435591/2013 tanggal tanggal 22 Agustus 2013 tentang Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tanggamus Pemilihan Umum Tahun 2014.

Anggota KPU Kabupaten Tanggamus Bambang Hariyadi, S.H. menyampaikan bahwa jumlah Caleg dalam DCT sama dengan jumlah DCS yaitu sebanyak 467 Caleg. Namun terdapat empat orang pergantian Caleg yang diajukan oleh Parpol yaitu dari PKS dan PPP. Dari PKS ada satu Caleg yang diganti yaitu di Dapil Tanggamus 3 nomor urut 8, dari sebelumnya Listiani, SE digantikan oleh Dian Wahyuni, S.Pd. dengan nomor urut yang sama. Sedangkan dari PPP terdapat tiga Caleg yang diganti, masing-masing 2 Caleg di dapil Tanggamus 1 dan 1 Caleg di Dapil Tanggamus 3. Di Dapil Tanggamus 1 Caleg nomor urut 5 Repa Septiana digantikan oleh Meina Riva dan nomor urut 8 Liza Apriana digantikan oleh Siti Marhamah. Sedang di Dapil Tanggamus 3 Caleg nomor urut 6 Drs. Hi. Ahmad Isuh digantikan oleh Restu Diana, SH dengan nomor urut yang sama.

Bambang menegaskan bahwa DCT ini bersifat final, artinya setelah DCT ditetapkan maka Parpol tidak dapat lagi melakukann perubahan terhadap daftar Caleg. Jika ada Caleg yang meninggal dunia atau terbukti melakukan tindak pidana pemalsuan dokumen dan/atau penggunaan dokumen palsu dinyatakan tidak memenuhi syarat berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, maka KPU akan menyusun berita acara dan menerbitkan perubahan keputusan tentang penetapan DCT dengan menghapus nama calon yang bersangkutan tanpa mengubah nomor urut calon, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.


Klik di sini untuk lihat dan unduh pengumuman DCT Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus selengkapnya

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia