Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

31 Oktober 2013

Perbaikan DPT di Kecamatan

PPK P. Panggung tengah mencermati DPT
Sesuai tahapan dan program Pemilu 2014, KPU Kabupaten Tanggamus telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada tanggal 13 September 2013. Dalam Rapat Pleno terbuka yang digelar di Hotel Gisitng tersebut.

Namun, hasil rapat dengar pendapat (RDP) anatara KPU RI dan Komisi II DPR RI menyimpulkan bahwa daftar pemilih yang disusun masih belum akurat. Sehingga KPU kabupaten/kota yang telah melaksanakan penetapan DPT sampai dengan tanggal 13 September 2013 diminta kembali melakukan pencermatan terhadap daftar pemilih yang telah dihasilkan.
Demikian yang dijelaskan oleh Komisioner KPU Kabupaten Tanggamus Bambang Hariyadi, SH yang membidangi pemutakhiran data pemilih. Hal ini lanjut Bambang, sebagaimana yang tertuang dalam surat edaran (SE) KPU RI Nomor 644/KPU/IX/2013 tertanggal 14 September 2013 perihal Perbaikan Daftar Pemilih dan Penetapan DPT. Untuk menindaklanjuti SE KPU RI tersebut menurut Bambang, KPU Kabupaten Tanggamus sudah mengeluarkan surat Nomor 329/KPU-Kab/008.435591/IX/2013 tanggal 23 September 2013 yang ditujukan kepada Ketua PPK dan PPS. Dalam surat tersebut KPU Kabupaten Tanggamus antara lain meminta PPK dan PPS kembali melakukan pencermatan terhadap daftar pemilih yang telah dihasilkan, pencermatan dan perbaikan daftar pemilih ditingkat PPK dan PPS dilakukan sampai dengan tanggal 8 Oktober 2013.

Dihubungi terpisah, Ketua PPK Pulau Panggung Firdaus (5/10) membenarkan bahwa pasca penetapan DPT KPU Kabupaten Tanggamus 13 September 2013, PPK telah menerima surat dari KPU Kabupaten Tanggamus untuk melakukan pencermatan kembali terhadap data pemilih yang sebelumnya telah ditetapkan menjadi DPT. Menindaklajuti perintah tersebut, Firdaus mengungkapkan bahwa PPK telah meminta aparat PPS yang ada di Kecamatan Pulau Panggung untuk kembali melakukan pencermatan dan perbaikan data pemilih sesuai arahan dalam surat tersebut. Meskipun telah melakukan pendataan secara maksimal, namun menurut Firdaus dirinya menyambut baik isi surat tersebut. “Hal ini artinya masih ada kesempatan untuk memperbaiki dan meminimalisir kekurangan data pemilih, khususnya data pemilih di Kecamatan Pulau Panggung”, lanjutnya.

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia