Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

21 November 2013

Tidak Semua NIK Invalid Dapat Diperbaiki Petugas

Anggota PPK dan PPS 
Untuk mengetahui persoalan yang dihadapi petugas PPS di lapangan dalam memperbaiki data Nomor Induk kependudukan (NIK) invalid sebagaimana yang diperintahkan KPU RI, KPU Kabupaten Tanggamus Minggu 17 November 2013 melakukan supervisi dengan mengunjungi petugas PPS. Kunjungan ini dipimpin Ketua KPU Kabupaten Tanggamus Yusro Hendra Perbasya dan diikuti oleh seluruh anggota KPU Kabupaten Tanggamus Bambang Hariyadi, SH, Henderi Muzanni, S.Sg., Karno Ahmad Satarya, S.Sos.I., serta Murdi Umar, SH.

Sebelumnya pada Raker 11 November 2013 KPU Kabupaten Tanggamus membagikan data pemilih yang NIK-nya masih kosong atau NIK invalid yang di down load dari program Sidalih, data NIK invalid inilah yang harus diperbaiki atau diisi oleh petugas PPS. Melalui supervisi ini diharapkan KPU Kabupaten Tanggamus dapat mengetahui dan mendapat masukan langsung dari PPS tentang permasalahan dilapangan dalam perbaikan data NIK invalid tersebut.

Kegiatan supervisi yang dipusatkan di Kecamatan Pematang Sawa tersebut, dilaksanakan dengan mengumpulkan dan berdialog dengan petugas PPS dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Semaka, Pematang Sawa dan Bandar Negeri Semuong. Dalam kesempatan tersebut, di dapat informasi bahwa setelah melakukan verifikasi ternyata tidak semua data NIK invalid dapat diperbaiki oleh petugas. Hal ini karena beberapa hal, antara lain adanya kepala keluarga yang tidak memiliki kartu keluarga (KK) atau warga yang belum tercantum dalam KK.

Menanggapi hal tersebut, Bambang Hariyadi, SH., yang juga ketua Pokja pemutakhiran data pemilih menjelaskan bahwa sesuai petunjuk teknis (juknis) perbaikan NIK invalid, untuk daftar pemilih yang tidak memiliki identitas kependudukan KPU Kabupaten Tanggamus akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemda Tanggamus.

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia