Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

17 Januari 2014

Pengukuhan dan Bimtek Relawan Demokrasi

Saat Relawan Demokrasi dikukuhkan
KPU Kabupaten Tanggamus terus berusaha meningkatkan partisipasi pemilih dengan melibatkan peran serta masyarakat. Pada hari Jum’at 20 Desember 2013 bertempat di Hotel Gisting, KPU Kabupaten Tanggamus mengukuhkan Relawan Demokrasi (Relasi) sebanyak 25 orang. Para relawan ini akan membantu KPU mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu 9 April 2014 terutama pada kelompok pemilih keagamaan, pemilih perempuan dan pemilih pemula. Program Relasi ini secara tidak langsung melanjutkan program serupa yaitu agen sosialisasi yang diadakan pada tahun anggaran 2013 yang masa tugasnya hanya 2 bulan.

Dalam sambutan pada acara pengukuhan relawan, Ketua KPU Kabupaten Tanggamus Yusro Hendra Perbasya menyampaikan melalui pelibatan masyarakat dalam sosialisasi Pemilu 2014 seperti relawan demokrasi ini diharapkan target tingkat partisipai sebesar 80% dapat tercapai.

Setelah acara pengukuhan, para relawan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) selam dua hari yaitu tanggal 20 – 21 Desember 2013. Bimtek yang diisi oleh para komisioner KPU Kabupaten Tanggamus ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para relawan yang akan terjun ke masyarakat. Pada Bimtek ini para relawan memperoleh materi:
  • Kode Etik Relawan
  • Pentingnya Demokrasi, Pemilu dan Partisipasi
  • Pemahaman tentang Teknis Tahapan Pemilu yang Strategis
  • Teknik-teknik Berkomunikasi Publik, dan
  • Peraturan Perundangan tentang Penyelenggaraan Pemilu.
Proses rekrutmen Relasi ini telah dimulai sejak akhir bulan Oktober 2013, dengan berpedoman pada Petunjuk Pelaksanaan Program Relawan Demokrasi Pemilu 2014 sebagaimana yang terdapat dalam surat KPU RI Nomor: 609/KPU/IX/2013. Sedang pengangkatan relawan ini tertuang dalam Keputusan KPU Kabupaten Tanggamus Nomor: 307/Kpts/KPU-Kab-008.435591/2013 tentang Pengangkatan Relawan Demokrasi Pemilu 2014.

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia