Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

07 Januari 2015

KPU Serahkan Penghargaan Lifetime Achievement kepada B.J. Habibie


Jakarta, kpu.go.id- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Husni Kamil Manik menyerahkan penghargaan Lifetime Achievement kepada mantan Presiden RI ke-3, Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie atas jasa-jasa dan peran penting dirinya yang mampu melepaskan Negara Republik Indonesia dari krisis multi nasional dengan menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu) secara demokratis, Senin, (29/12).

“Bapak B.J. Habibie memiliki peran penting semenjak 98/99 hingga saat ini, dimana beliau mampu mengeluarkan Negara kita dari masalah multi nasional dengan menyelenggarakan pemilu secara demokratis,” tutur Husni.

Selain mampu menyelenggarakan pemilu secara demokratis, Husni juga menyampaikan penghargaan atas sumbangsih B.J. Habibie dalam menyusun undang-undang dan seperangkat peraturan untuk menyelenggarakan pemilu yang berintegritas dan dapat diterima oleh semua pihak.

“Selain menyelenggarakan pemilu secara demokratis, beliau juga memiliki peran yang besar dalam menyusun UU dan peraturan pemilu. ini suatu tindakan sistematis yang dapat diterima oleh semua pihak,” sambungnya.

Hingga saat ini komitmen dan buah pemikiranya masih dapat dirasakan melalui The Habibie Center, lembaga yang Ia dirikan untuk memajukan sistem demokrasi Indonesia berdasarkan moralitas, integritas budaya, dan nilai-nilai agama.

Husni beserta Komisioner KPU RI, Juri Ardiantoro, Hadar Nafis Gumay, dan Plt. Sekretaris Jenderal KPU RI, Nanang Priyatna yang sore tadi datang ke Wisma Habibie&Ainun, Jl. Patra Kuningan XIII diterima secara langsung oleh B.J. Habibie. 

Atas penerimaan tersebut, Ketua KPU RI mengucapkan banyak terima kasih, Iapun memohon maaf karena komisioner KPU RI tidak dapat hadir seluruhnya. “Kami surprise Pak Habibie dapat menerima kami, dan mohon maaf karena tidak semua komisioner dapat hadir untuk bertemu,” ujar dia.

Ditemui para wartawan selepas diskusinya dengan B.J. Habibie, Husni menyampaikan bahwa B.J. Habibie menerima pennghargaan tersebut dan berjanji untuk menjaganya, serta tetap berkomitmen dalam penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil.

“Beliau menerima penghargaan ini dan berjanji menjaga penghargaan ini, itu merupakan komitmen beliau dalam penyelenggaraan pemilu yang jurdil,” ucapnya.

Husni juga menyampaikan bahwa sifat kerakyatan sudah sejak dulu menjadi sifat dasar B.J. Habibie, Iapun menginginkan agar kaderisasi di partai politik berjalan transparan dan terbuka bagi siapa saja.

Di akhir diskusi tertutup antara komisioner KPU dengan B.J. Habibie tersebut, Husni menyampaikan bahwa B.J. Habibie ingin memberikan sumbangsih berupa tulisan kepada KPU mengenai tata kelola pemilu dan demokrasi secara umum.

“Saat ini beliau sedang menulis sebuah artikel yang akan disumbangkan kepada KPU untuk dapat dijadikan rujukan dan dikembangkan, sebagai sumbangsih beliau terhadap tata kelola pemilu dan demokrasi secara umum,” ujar Husni dihadapan para wartawan. (KPU RI)

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia