Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

09 Maret 2015

Tahapan Pilkada Serentak Dimulai April 2015

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah menuturkan bahwa bulan April 2015 ini proses tahapan pilkada serentak sudah dimulai. Dia mengingatkan parpol untuk mempersiapkan diri.

"April mendatang seluruh parpol harus telah siap untuk mengikuti proses Pilkada," kata dia di Kantor KPUD Bali, Rabu 4 April 2015.

Mengenai syarat administratif partai politik yang masih memiliki dualisme kepemimpinan, Ferry mengaku akan berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM mengenai kepengurusan yang sah.

"Kami akan tetap mengacu di Kemenkumham baik itu PPP ataupun Golkar," ujarnya.

Mengenai dualisme kepengurusan di partai politik, ia berharap dapat diselesaikan dengan baik oleh partai tersebut.

"Pada intinya kami berharap agar Partai Golkar dan PPP segera bisa menyelesaikan konfliknya," kata dia.

Mengenai pelaksanaan pilkada serentak, Ferry mengaku KPU telah menyiapkan sepuluh peraturan dan akan diselesaikan dalam rapat pleno minggu ini.

"Ada 10 peraturan yang disiapkan dan dalam minggu ini akan dituntaskan dalam rapat pleno KPU. Kami mencoba untuk mengestimasikan sekitar awal Maret untuk dituntaskan," papar Ferry.

Kemudian, lanjut Ferry, pada minggu kedua atau ketiga KPU akan melakukan konsultasi publik. Peraturan yang disiapkan oleh KPU akan dilakukan uji publik dengan melibatkan media dan LSM. Setelah itu, pada minggu ketiga atau keempat KPU akan melakukan konsultasi dengan pemerintah dan DPR.

"Pasca dilakukan konsultasi dengan pemerintah dan DPR pada minggu ketiga atau keempat, diharapkan awal April nanti kita sudah menetapkan peraturan KPU. Sehingga, tahapan bisa berjalan sekitar pertengahan April," ujarnya.
(Sumber: viva.co.id)

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia