Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

02 Juli 2015

KPU Tanggamus Adakan Riset Tingkat Partisipasi



Dalam rangka penyusunan kebijakan guna merumuskan strategi peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu ke depan, KPU Kabupaten Tanggamus akan melaksanakan riset tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu.
Riset Pemilu dinilai sebagai salah satu unsur strategis dalam manajemen Pemilu. Riset tidak hanya memberikan pijakan ilmiah atau akademis terkait substansi Pemilu, namun lebih jauh diharapkan dapat memberikan landasan empirik terkait persoalan-persoalan Pemilu yang menjadi perdebatan.
Dalam melaksanakan riset tingkat partisipasi ini, KPU Kabupaten Tanggamus bekerjasama dengan lembaga Jurai Research & Consulting (JRC). Kerjasama tersebut tertuang dalam Kesepakatan Bersama (Memorandum of Understanding/MoU) Nomor: 131/KB/KPU-Kab-008.435591/V/2015 dan Nomor: 011/JRC/V/2015 yang ditandatangani oleh Ketua KPU Kabupaten Tanggamus Otto Yuri Saputra, S.Pi. dan Direktur JRC Sudiyanto, S.Sos. pada tanggal 4 Mei 2015. 
Otto Yuri Saputra mengemukakan dalam negara yang menjalankan sistem demokrasi melalui Pemilu, partisipasi pemilih di dalam Pemilu menjadi hal penting. Namun terdapat sejumlah persoalan menyangkut partisipasi pemilih yang selalu muncul dalam Pemilu. Beberapa persoalan yang  menyangkut partisipasi pemilih seperti fluktuasi kehadiran pemilih di TPS, tingginya tingkat suara tidak sah, kecerdesan politik masyarakat dan adanya gejala politik uang.  Namun sangat disayangkan lanjut Otto, persoalan-persoalan tersebut tidak banyak yang dapat diungkap.
Sementara anggota KPU Kabupaten Tanggamus Divisi Pendidikan Pemilih Hayesta F. Imanda berharap, melalui riset Pemilu, berbagai persoalan tersebut diharapkan dapat diungkap dan diketahui akar masalah serta dicari solusinya. Sehingga tingkat partisipasi dan kecerdasan politik masyarakat dalam Pemilu mendatang dapat meningkat dan berada pada derajat yang diharapkan.

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia