Selamat Datang di Laman Resmi KPU Kabupaten Tanggamus ----- Melayani Rakyat Menggunakan Hak Pilihnya -----

29 April 2016

Sekolah Demokrasi Putaran Ke-2 di SMA Negeri Talang Padang

Sambutan ketua Himappta
Kota Agung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus, menyelenggarakan Sekolah Demokrasi untuk kedua kalinya bertempat di SMA Negeri Talang Padang. Kegiatan yang terselenggara dengan bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa, Pemuda, Pelajar Kabupaten Tanggamus (Himappta), diikuti oleh sekitar 40 siswa/siswi perwakilan dari pengurus Osis dan organisasi ekstra kurikuler ini juga dihadiri oleh kepala sekolah dan guru SMA Negeri Talang Padang.

Dalam sambutannya kepala sekolah SMA Negeri Talang Padang, menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Tanggamus. 

Peserta Sekolah Demokrasi
"Seperti halnya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh lembaga atau instansi pemerintah lainnya, untuk diketahui bahwa minggu kemarin Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tanggamus juga melakukan sosialisasi di sini, kami menyambut dengan baik dan berharap agar peserta yang sudah kami pilih ini bisa menjadi agen yang akan menularkan pengetahuannya kepada teman-teman lainnya."

Materi yang disampaikan pada kegiatan Sekolah Demokrasi di sekolah yang dikenal dengan sebutan "SMANTAP" ini, meliputi pengenalan demokrasi, peran siswa dalam kehidupan demokrasi, dan seluk-beluk pengetahuan tentang Pemilihan Umum (Pemilu) dan penyelenggara Pemilu. Diharapkan para siswa sebagai pemilih pemula di penyelenggaraan Pemilu yang akan datang, bisa memiliki pengetahuan yang cukup tentang sistem demokrasi dan pelaksanaan pemilihan umum di Indonesia. 

Penyerahan Plakat kepada kepala sekolah
Dari kegiatan Sekolah Demokrasi ini, diharapkan lahirnya pemilih-pemilih cerdas dan bisa mencerdaskan masyarakat sekitarnya. Antoniyus, anggota KPU Kabupaten Tanggamus, di salah satu akun media sosialnya mengatakan "Pendidikan politik bagi pemilih pemula sangat penting sifatnya, mengingat selain jumlahnya yang banyak, pada kelompok ini juga rentan untuk dijadikan objek manipulasi politik. Tentu kita berharap lahirnya pemilih yang cerdas, sehingga demokrasi yang substansial bisa terwujud. KPU Kabupaten Tanggamus dengan keterbatasannya pada kesempatan ini berusaha menjadi pendorong bagi kelompok-kelompok muda untuk bekerjasama memberikan pendidikan politik terutama dilingkungan pendidikan."

0 komentar:

Terima kasih atas kunjungannya
Cara Membuat Blog Blogger Indonesia