KPU Tanggamus Selenggarakan Webminar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Kepada Guru PAI Dan PPKN - KPU KABUPATEN TANGGAMUS
Selamat datang di laman resmi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanggamus

29 Juli 2021

KPU Tanggamus Selenggarakan Webminar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Kepada Guru PAI Dan PPKN

Kadiv Sosdiklih dan Parmas (kanan) Amhani S. menyampaikan Meteri

Kota agung Kamis, 29 Juli 2021, pukul 10.00 s.d 12.00 WIB KPU Kabupaten Tanggamus mengadakan webminar Sosialisasi Pendidikan Pemilih kepada Guru-guru Mata Pelajaran PAI dan PKN se_Kabupaten Tanggamus. Acara ini di buka langsung secara virtual oleh ketua KPU Tanggamus Angga Lazuardi, SE, dan di hadiri oleh Kadiv Sosdiklih KPU Propinsi Antoniyus, S.Ip, M.Ip, juga Marlini, M.pd selaku ketua KPU Pesisir Barat .dan seluruh Anggota KPU Tanggamus selain partisipan guru_guru PAI dan PKN sebagai sasaran sosdiklih kali kedua di tahun 2021 ini.

Ketua KPU Kabupaten Tanggamus (Angga Lazuardy)
Kegiatan ini juga menghadirkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Lampung Wilayah III (Tanggamus, Prungsewu dan Pesawaran), Bapak Sunardi, S.Pd, M.Pd, selaku pemateri pertama selain memberikan pengarahan pada para guru sebagai partisipan, beliau memaparkan bahwa data siswa calon pemilih pemula yang tercatat tahun 2021 ini berjumlah 18.365 jiwa, yang tersebar di 25 SMA dan 26 SMK serta 1 SLB.



Diharapkan dari kegiatan webminar ini para guru PAI dan PKN dapat menindaklanjutinya sebagai perpanjangan tangan, penyampaian pesan visi dan misi sosdiklih itu sendiri, yang semestinya dilakukan dengan tatap muka didepan peserta didik secara langsung, namun karena masa pandemi belum usai bahkan Kabupaten Tanggamus terpantau sebagai zona merah maka solusi nya kita adakan secara "Daring" atau on line dengan fitur zoom meeting .


Out put yang di harap kan dari kegaitan Sosdiklih bersama guru_ guru PAI dan PKN ini adalah salah satunya :

1. Bertambahnya literasi kepemiluan bagi guru dan peserta didik,
Sunardi (Kacabdin Wilayah III Provinsi Lampung)

2. Menumbuhkan kesadaran hak dan kewajiban sebagai Warga Negara,
3. Menggugah sikap kritis Masyarakat, dalam hal ini para guru sebagai partisipan nya,
4. peserta sosdiklih teredukasi untuk mencegah dan menolak beragam kecurangan dalam pemilu/pemilihan.

Juga terwujudnya sasaran sosdiklih baik para guru mau pun peserta didik menjadi pemilih pemula yang rasional, mandiri, dan berdaulat. Agar Meningkatnya kualitas pemilu/pemilihan baik di indonesia secara substansial maupun kabupaten Tanggamus secara parsial.

Dengan sosdiklih virtual ini juga di harapkan adanya pemerataan pelaksanaan pendidikan pemilih di seluruh sekolah se-Kabupaten Tanggamus, agar para guru secara imparsial aktif mendidik dan menganjurkan peserta didiknya menggunakan hak pilih nya secara mandiri, rasional dan bertanggung jawab. Target ditahun 2024 yang akan datang meningkat nya partisipasi pemilih, berkurangnya potensi konflik, dan pelanggaran dalam pemilu, kecurangan, money politik, penyebaran berita hoax dan isu- isu syara.yang tidak di inginkan .

Peserta Webminar (Guru PAI dan PPKN)
Demikian pemaparan dari Amhani S Imanda selaku Nara sumber dan sebagai ketua divisi sosialiasi pendidikan pemilih dan Parmas KPU Tanggamus, setelah acara zoom selesai.
Tak lupa apresiasi setinggi-tinggi nya kepada Dinas Pendidikan Kantor cabang wilayah III dan para guru PAI dan PKN yang sudah berpartisipasi aktif sebagai peserta webminar. Sebagai penghargaan kami sudah siapkan sertifikat atau piagam elektronik yang dapat di unduh di web kami, atau kami akan segera share melalui WAG masing- masing.

 
#KPUtanggamus
#KPUmelayani
#tetapProkes5M.